EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified
translate add by : satriawan

Kolom Pencarian Apa saja ™

IRAMA MUSIK DAYAK KANAYATN DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DAYAK KANAYATN

(Oleh Ferdinan)

Irama musik Dayak Kanayatn merupakan kesenian tradisi yang terkait erat dengan kehidupan masyarakat. Ia merupakan penggambaran kehidupan yang terakait erat dengan sistem religi dan adat istiadat. Keterkaitan musik dengan sistem kepercayaan membuat irama musik tersebut selalu digunakan bersamaan dengan upacara-upacara besar, seperti Baliatn, Naik Dango, dan Gawai Pangka’. Di sini musik dianggap sebagai bagian penting upacara, karena hubungan musik dengan upacara merupakan kesatuan sistem dari beberapa elemen pendukung keberadaan musik dalam masyarakat Dayak Kanayatn.

Eksistensi sebuah musik didorong suatu faktor penting yang menyebabkan musik tersebut dapat berperan bagi kehidupan masyarakat. Faktor tersebut adalah Fungsi, Simbol, dan nilai. Fungsi musik mengacu pada peranan musik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, baik yang berkaitan dengan nilai estetis atau yang berkaitan dengan suatu kerpercayaan. Simbol dalam musik merupakan penggambaran kehidupan dan budaya masyarakatnya, sehingga musik tersebut dapat dianggap sebagai identitas budaya masyarakat, sedangkan nilai merupakan sebuah tatanan yang memberikan arah terhadap perilaku, sehingga musik tersebut dapat dianggap sebagai kerangka kesatuan etika dalam kehidupan masyarakat Dayak Kanayatn.
Eksistensi sebuah musik mengacu pada peranan musik tersebut dalam masyarakat, baik itu menyangkut fungsi, simbol, dan nilai, sehingga keberadaan musik tersebut dianggap sangat berharga bagi kehidupan masyarakatnya. Begitu pula keberadaan irama musik Dayak Kanayatn merupakan sarana penunjang bagi keberadaan masyarakat pendukungnya. Dari hal inilah dapat dipahami bahwa musik mempunyai nilai penting bagi kehidupan masyarakat itu sendiri.

etnikprogresif.blogspot.com


Kembali Ke Daftar ISI

print this page Print halaman ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini, asalkan jangan mengandung kata-kata yang tidak berkenan bagi umum.Terimakasih atas kunjungan Anda.