EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified
translate add by : satriawan

Kolom Pencarian Apa saja ™

Gandrang Pa’balle Dalam Pesta Upacara Perkawinan Di Daerah Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan

(Oleh: Amir Razak)

Musik Gandrang Pa’balle adalah ensambel yang terdapat di daerah Kabupaten Gowa. Musik tersebut merupakan sarana upacara adat, khususnya dalam upacara perkawinan. Ensambel musik Gandrang Pa’balle dalam penyajiannya, menggunakan tiga macam nama instrumen yakni: gandrang (gendang), puik-puik (serunai), dan dengkang (gong). Instrumen tersebut dimainkan oleh pagandrang (pemain gendang), papuik-puik (pemain serunai) dan patunrung dengkang ( pemain gong).

Sesuai dengan penyajian musiknya yang telah dianalisa, Gandrang Pa’balle termasuk permainan pola ritme yang kontras, bentuk penyajiannya tiga bagian yang diambil dari struktur dan nama tabuhannya yakni: 1) tunrung pa’balle (tabuhan pa’balle), 2) tunrung rua (tabuhan rua), dan 3) tunrung pakanjara (tabuhan pakanjara). Tabuhan tersebut, mutlak dan harus dilakukan secara urut dalam upacara adat. Dalam penyajiannya dilengkapi dengan jajjakkang (sesaji) sebagai syarat yang diperlambang.

Penyajian musik Gandrang Pa’balle di dalamnya terkandung nilai-nilai yakni: nilai sosial, nilai musikal, nilai spiritual, nilai moral, dan nilai ekonomi. Nilai tersebut erat kaitannya dan berpengaruh terhadap penyelenggaraan upacara.

Kata kunci: Gandrang Pa'balle, fungsi, dan nilai.



Kembali Ke Daftar ISI

print this page Print halaman ini

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini, asalkan jangan mengandung kata-kata yang tidak berkenan bagi umum.Terimakasih atas kunjungan Anda.