EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified
translate add by : satriawan

Kolom Pencarian Apa saja ™

Etnomusikologi

Istilah Etnomusikologi berasal dari ethnomusicology (bahasa Inggris), Etnomusicology sendiri di bentuk dan berasal dari tiga kata, yaiu ethnos, mousike dan logos (bahasa Yunani). Ethnos berarti hidup bersama,yang kemudian berkembang menjasi bangsa atau etnis, mousike artinya musik, sedangkan logos arinya bahasa atau ilmu (Tokumaru 1996:16). Tiga kata tersebut digabung menjadi ethnomusicology atau etnomusikologi (bahas Indonesia) artinya ilmu musik bangsa-bangsa.

Sejarah ilmu ini belum lama, kira-kira seratus tahun yang lalu. Di Jerman etnomusikologi muncul pada akhir abad XIX, akan tetapi ilmu ini berasal dari tradisi ilmu pengetahuan barat atau eropa. Setelah berkembang di barat, etnomusikologi kemudian berkembang keseluruh penjuru dunia, termasuk di dalamnya ke Indonesia. Dengan dasar pengetahuan ilmu etnomusikologi tersebut masing-masing negara menemukan metodenya sendiri yang cocok dan kita harus melakukan hal itu.

Etnomusikologi merupakan bagian dari musikologi, etnomusikologi terpisah dari musikologi abad XIX. Pada awalnya ilmu ini tidak disebut etnomusikologi , akan tetapi "Vergleichen de Musikwissenchaft" atau musik perbandingan (Erich van Hornbostel). (Klik di untuk melihat selengkapnya. Musik dan Kosmos: Sebuah Pengantar Etnomusikologi,Shin Nakagawa)

Klik di sini untuk versi tambahan tentang Etnomusikologi

Banyak universitas di Amerika Utara dan Eropa sekarang menawarkan kelas etnomusikologi dan berperan sebagai pusat bagi penelitian etnomusikologi. Daftar berikut memasukkan universitas yang memberikan program ini.(Klik di sini untuk melihat Daftar Perguruan Tinggi Amerika yang memuat bidang Etnomusikologi)

Di Indonesia juga terdapat perguruan tinggi yang memuat bidang Etnomusikologi antara lain Indonesian Institute Of The Art Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

Link Ethnomusicology
1. The Society For Ethnomusicology
2. The British Forum For Ethnomusicology
3. Ethnomusicological Study Of African Pygmies
4. Indonesian Institute Of The Art Yogyakarta (ISI Yogyakarta)