EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified
translate add by : satriawan

Kolom Pencarian Apa saja ™

Makna Simbolis Musik Tarawangsa Dalam Upacara Nyalikkeun di Kecamatan Cisompet Garut Jawa Barat

(Oleh: Dani Al Ramdani)


Jawa Barat adalah daerah yang kaya akan khasanah kesenian tradisional yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Seni Tarawangsa merupakan salah satu kesenian tradisional Jawa Barat yang hingga saat ini masih berkembang di beberapa daerah di Jawa Barat diantaranya adalah di Rancakalong Sumedang, di Cibalong Tasikmalaya, dan di Cisompet Garut. Dalam kehidupan masyarakat Jawa Barat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, seni tarawangsa erat kaitannya dengan hal-hal yang menyangkut pertanian. Hal tersebut dapat terlihat dari fungsi seni tarawangsa yang oleh masyarakat tani di Jawa Barat dijadikan sebagai sarana upacara-upacara pertanian. Salah satu dari upacara tersebut terdapat di kecamatan Cisompet Garut yang disebut dengan upacara Nyalikkeun.

Upacara nyalikkeun adalah suatu prosesi adat penyimpanan padi ke leuit atau penyimpanan padi yang dilakukan oleh sebagian masyarakat di Cisompet secara turun temurun. Pelaksanaan upacara tersebut didukung oleh beberapa unsur utama yaitu sesaji, pemimpin upacara, pendukung upacara dan sajian musik tarawangsa. Sajian musik tarawangsa dalam upacara nyalikkeun merupakan puncak dari keseluruhan pelaksanaan upacara

Berdasarkan fungsi dari musik tarawangsa tersebut, maka masyarakat di Cisompet memandang seni tarawangsa tidak hanya sebagai seni hiburan belaka atau hanya sebuah hasil "ciptaan", melainkan lebih dipandang sebagai suatu simbol yang didalamnya mengandung makna-makna tertentu yang dapat menunjang dalam kehidupan sehari-harinya.


Kata kunci: upacara, prosesi padi, fungsi.



Kembali Ke Daftar Intisari

print this page Print halaman ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini, asalkan jangan mengandung kata-kata yang tidak berkenan bagi umum.Terimakasih atas kunjungan Anda.