EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified
translate add by : satriawan

Kolom Pencarian Apa saja ™

Kesenian Terbang Gembrung Dalam Tradisi Takbiran Masyarakat Kampung Naga Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat

(Oleh: Bayu Tresna)


Kampung Naga merupakan salah satu kampung tradisi khas Sunda yang terdapat di daerah Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat. Seluruh masyarakat Kampung Naga menganut agama Islam yang diwarnai dengan masih adanya paham animisme/dinamisme. Setiap pelaksanaan menyambut hari besar Islam, yaitu hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, di Kampung Naga sering dilaksanakan pelaksanaan Takbiran yang diiringi oleh kesenian Terbang Gembrung.

Kesenian Terbang Gembrung, merupakan suatu bentuk musik yang berupa vokal dan iringan, dalam ilmu musik barat disebut dengan Kantata. Musik ini merupakan bentuk musik satu bagian pada lagam carang dan bentuk musik satu bagian pada lagam kereup. Kesenian Terbang Gembrung dalam sejarahnya selalu dimainkan dalam proses takbiran Kampung Naga sehingga antara takbiran dan kesenian Terbang Gembrung memiliki hubungan yang terlihat dari faktor penghubungnya yaitu kegiatan da'wah islami dalam masyarakat Kampung Naga, kegiatan penyambutan ritual keagamaan, lirik, kegiatan ibadah.


Kata kunci: Terbang Gembrung, takbiran, Kampung Naga.




Kembali Ke Daftar Intisari

print this page Print halaman ini

1 komentar:

  1. Terebang Gembrung datang bersama tarekat, Agama di Kampung Naga bukan animisme/dinamisme, tapi islam wiwitan.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini, asalkan jangan mengandung kata-kata yang tidak berkenan bagi umum.Terimakasih atas kunjungan Anda.