EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified
translate add by : satriawan

Kolom Pencarian Apa saja ™

FUNGSI MUSIK BADUD DALAM UPACARA GUSARAN DI DESA CIMINDI KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN CIAMIS PROPINSI JAWA BARAT.

Oleh: Yoyoh Setiasih

Kesenian Badud merupakan kesenian tradisional berbentuk arak-arakan. Kesenian ini hadir dalam masyarakat yang mempunyai keyakinan kuat akan religi. Keyakinan masyarakat akan hubungan mereka dengan alam gaib (supranatural) menjadikannya salah satu sarana dalam berkomunikasi dengan alam gaib. Perubahan jaman juga kemajuan teknologi tidak menghapus keyakinan masyarakat akan hal-hal religius. Hal ini terbukti dengan selalu dipentaskannya kesenian Badud sebagai sarana dalam upacara gusaran masyarakat Sunda di Jawa Barat khususnya di daerah Cimindi, Cigugur, kabupaten Ciamis Jawa Barat. Fungsi musik untuk upacara inilah yang sangat menonjol dari kesenian ini. Kesenian Badud dianggap sebagai syarat untuk keselamatan anak, maka sampai saat ini masih banyak masyarakat Cimindi khususnya yang memakai kesenian ini untuk upaya keselamatan anak-anaknya.

Upacara gusaran merupakan salah satu upacara dimana upacara tersebut merupakan sebuah upaya untuk mencari keselamatan diri dari segala gangguan dan kesengsaraan. Upacara ini melingkupi permohonan masyarakat agar dalam menjalani kehidupannya senantiasa memperoleh keselamatan, jauh dari gangguan setan serta penolak bala.

Kesenian Badud terdiri dari beberapa unsur diantaranya tari, musik, dan vokal. Unsur-unsur seni tersebut sudah mapan dan tidak pernah mengalami perubahan (khusus saat ini). Kepercayaan masyarakat yang kuat terhadap musik Badud sehingga menjadikan bagian dari upacara. Kesenian Badud bagi masyarakat Cimindi diyakini dapat mewakili penyampaian tujuan mereka melalui upacara gusaran.

Kata kunci: fungsi, komunikasi, keselamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini, asalkan jangan mengandung kata-kata yang tidak berkenan bagi umum.Terimakasih atas kunjungan Anda.